ADITYA NURBAGUS RIZKY H, NIM.A12020125 (2024) GAMBARAN MANAJEMEN DIRI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUD dr. SOEDIRMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GOMBONG.
Preview |
Text
ADITYO NURBAGUS RIZKY H NIM. A12020125_compressed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Pasien yang menjalani hemodialisis harus menjalani manajemen diri yang baik dalam membatasi asupan cairan dan natrium mereka, mengontrol makanan mereka, berpartisipasi dalam aktivitas sesuai kemampuan mereka, dan mengontrol stres. Manajemen diri pada pasien hemodialisis mencakup kepatuhan terhadap prosedur hemodialisis, pengobatan, cairan, dan diet mereka. Kesuksesan hemodialisa bergantung pada kemampuan pasien untuk mengontrol asupan cairan dan diet mereka. Tujuan Penelitian : Untuk mendeskripsikan gambaran manajemen diri pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD dr. Soedirman. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan Hemodialysis Patient Self Care Measurement Scale dengan angka cronbach’s alpha 0,71. Diambil dengan cara total sampling sebanyak 80 responden. Data diolah dengan SPSS dan dianalisis dengan uji univariat dan cross tab. Hasil Penelitian : Didapatkan kualitas manajemen diri pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa adalah mayoritas baik sebanyak 46 responden (57,5%). Dan hasil cross tab didapatkan kategori manajemen diri baik pada usia 30-45 tahun sebanyak 17 responden. Pada jenis kelamin perempuan sebanyak 25 responden. Status pernikahan sudah menikah sebanyak 38 responden. Agama sebanyak 46 responden, mayoritas beragama islam. Pendidikan terakhir lulusan SD sebanyak 19 responden. Pekerjaan adalah tidak bekerja sebanyak 27 responden. Pendapatan per bulan <2 juta per bulan sebanyak 30 responden. Status memiliki asuransi sebanyak 46 responden. Pada lama hemodialisa 1-5 tahun sebanyak 18 responden. Kesimpulan : Sebagian besar kualitas manajemen diri pada pasien hemodialisa di RSUD dr. Soedirman memiliki nilai baik dengan jumlah 46 responden sebesar (57,5%). Dan hasil cross tab pada semua kategori karakteristik mayoritas ditemukan dengan kualitas manajemen diri baik. Rekomendasi : RSUD dr. Soedirman dapat meningkatkan pelayanan yang tidak hanya berfokus pada pengobatan medis melainkan juga pada aspek psikologis pasien dengan melakukan survey terkait pengetahuan manajemen diri pasien selama hemodialisa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Arnika Dwi Asti, M.Kep |
Uncontrolled Keywords: | Chronic kidney disease, Hemodialysis, Self Management;Gagal ginjal kronik, Hemodialisa, Manajemen diri |
Subjects: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 05:58 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 05:58 |
URI: | http://repository.unimugo.ac.id/id/eprint/3757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |